Rabu, 22 Desember 2010

Kosmetika Pembersih dan Penyegar

Kali ini kita akan membahas kosmetika yang mendasar, yaitu kosmetika pembersih dan penyegar. Pembersih sebaiknya memiliki daya melarutkan bahan-bahan, baik yang larut dalam air, maupun yang larut dalam minyak, berwujud emulsi O/W, tidak bersifat asam dan banyak mengandung minyak atsiri (etherical oils), karena sifat-sifat pengencangnya yang dapat menciutkan pori-pori. Kosmetika pembersih sebaiknya memiliki kandungan pH lebih ke arah basa yang dapat membuat kulit menjadi lunak sehingga kotoran mudah dibersihkan. Bahan pembersih pada dasarnya menggunakan air, minyak, serta bahan padat yang dapat menyerap kotoran, dan digunakan dengan cara menggosokannya secara mekanis.

a. Kosmetik Pembersih Kulit Berbahan Dasar Air
Air merupakan bahan pembersih yang paling umum, hal ini disebabkan karena air murah, non-toksis serta air tidak berbahaya bagi kulit. Ditinjau dari sudut kosmetika modern, air memiliki kekurangan antara lain tidak punya daya pembasah yang kuat karena ditolak oleh keratin.
Untuk memperbaiki daya pembersih air, biasanya ditambahkan alkohol ke dalamnya, seperti dalam face lotion atau astringent lotion. Penambahan alkohol memberikan beberapa keuntungan yaitu :
1) mengurangi tegangan permukaan kulit sehingga kulit menjadi lebih mudah basah.
2) menimbulkan rasa segar karena penguapan alkohol.
3) menimbulkan efek pengurangan minyak kulit.
4) parfum yang digunakan dalam lotion menjadi lebih mudah larut.
5) menimbulkan efek astringent serta desinfektan ringan.

b. Kosmetik Pembersih Kulit Berbahan Dasar Surfactant
Pembersih yang lebih baik dan lebih kuat daya pembersihnya, dapat dibuat dengan menambahkan surfactant ke dalam air tersebut. Surfactant (surface active agens) adalah bahan-bahan yang memperbaiki daya pembersih air karena mampu memperbesar daya pembasah kulit dan mencegah partikel-partikel kotoran melekat pada kulit dengan jalan mengemulsinya, melarutkannya dan mendispersinya. Bahan-bahan surfactant menyebabkan pembuangan kotoran normal dari kulit mudah dibersihkan. Bahanbahan yang bersifat surfactant antara lain sabun, produk-produk kondensasi protein-asam lemak, sulfonated oils dan anionic surfactant.
Sabun adalah produk campuran garam natrium dengan asam stearat, palmitat dan oleat yang berisi sedikit komponen asam miristat dan laurat. Sabun merupakan kosmetik pembersih yang paling tua karena sudah digunakan sejak berbad-abad silam. Fungsi sabun yang cukup tinggi dan populer sebagai kosmetik pembersih disebabkan oleh sifat-sifat baiknya seperti memiliki daya pembersih yang kuat terutama dalam air murni, kurang berbahaya bagi kulit, harga relatif murah dan bahan-bahannya mudah didapat. Kelemahan penggunaan sabun sebagai kosmetik pembersih adalah diantaranya sabun yang mengandung alkalisasi, sehingga dapat menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit, dapat pula menyebabkan pembengkakan keratin kulit dan menyebabkan pengurangan minyak (degreasing) berlebihan hingga kulit akan menjadi kering.

c. Kosmetik Pembersih Kulit Berbahan Dasar Minyak
Kosmetik pembersih yang berbahan dasar minyak mempunyai keuntungan sebagai berikut:
1) Lebih efektif dalam membersihkan kotoran yang larut dalam
minyak dan tidak larut dalam air, seperti make-up
2) Resiko kulit menjadi kering dan pecah-pecah dapat dikurangi
3) Kandungan minyak dalam kosmetik pembersih lebih besar affinitasnya sehingga daya pembersihnya lebih besar.
Kekurangan kosmetik pembersih yang didasarkan pada minyak adalah bahan-bahan yang digunakan seperti mineral oil harganya lebih mahal, air yang tertinggal di permukaan kulit sulit menguap dan kotoran yang larut dalam air sukar dibersihkan dengan minyak.

Setelah tahu jenis-jenis kosmetik pembersih, selanjutnya kita membahas mengenai kosmetika penyegar. Kosmetika penyegar adalah pasangan dari kosmetika pembersih. Fungsi utama penyegar adalah menyegarkan kulit wajah, mengangkat sisa minyak dari kulit yang dimungkinkan masih ada, serta desinfektan ringan dan sekaligus dapat membantu menutup pori-pori kembali. Penyegar diproduksi sesuai jenis pembersih yang mengacu pada jenis kulit wajah. Face lotion atau astringent lotion yang digunakan untuk menyegarkan kulit serta membersihkan sisa minyak kulit dan sisa minyak dari bahan pembersih (Cleansing milk atau cleansing cream). Dalam face lotion atau astringent lotion diperkaya dengan gliserol, glikol atau sorbitol yang berguna untuk melembutkan kulit.
Dalam penampilannya, produk face lotion/astringent sering diberi warna berbeda untuk membedakan kadar alkohol yang dikandungnya. Kandungan alkohol dalam face lotion untuk kulit sensitif sangat ringan, sedangkan untuk kulit berminyak kadar alkoholnya paling kuat.

0 komentar:

Posting Komentar