Rabu, 22 Desember 2010

Kosmetika Dekoratif (1)

Biasanya wanita menggunakan kosmetik dekoratif (make-up) dimaksudkan untuk menutupi hal-hal yang dapat mengurangi kecantikannya, seperti garis-garis penuaan (age-spot), noda bekas jerawat (acne scar), serta untuk mengoreksi bagian-bagian wajah yang kurang baik. Kosmetik dekoratif sebaiknya warnanya menarik, memiliki bau harum yang menyenangkan, tidak lengket, tidak menyebabkan kulit nampak berkilau serta tidak merusak atau mengganggu andeksa kulit.

Yang termasuk kosmetik dekoratif yaitu: Alas bedak (Foundation), Bedak (powder), Perona Pipi (blus - on atau rouge), Eye shadow, Eye liner (Sipat mata), Pensil alis (Eye brow pencil), Cat bulu mata (mascara), Pewarna Bibir atau Lipstick, Pensil Bibir atau Lip Liners, Pelembab Bibir atau Lipbalm, dan Lipgloss.

Kesemuanya mempunyai fungsi masing-masing, dan bila kita dapat menggunakannya sesuai aturan dan cara yang benar, keinginan kita untuk tampil cantik pasti akan terwujud. Sekarang kita lihat dulu, apa aja sih yang termasuk kosmetika dekoratif itu secara lebih mendetail. Kita punya kosmetik tersebut, tapi kita gak tau apa gunanya n cara pakainya kan gak lucu. Jadi kita kenali dulu mereka, karena tak kenal maka tak sayang kan?? (hehe,,).

A. ALAS BEDAK (FOUNDATION)
Alas bedak (Foundation) dalam tata rias wajah adalah dasar kosmetik sebelum kita bubuhi bedak. Foundation dapat menahan bedak, hingga bedak mudah menempel pada kulit wajah, Foundation juga dapat memperhalus permukaan kulit dengan menutupi noda, luka
bekas jerawat, ataupun noda kebiruan (couperese) di seputar pipi.
Alas bedak dapat berfungsi untuk menyamarkan warna kulit yang pucat dan bayangan gelap di seputar mata. Alas bedak digunakan di atas pelembab agar pigmen zat warna yang dikandungnya tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Alas bedak juga dapat digunakan untuk membuat shape atau dimensi wajah sehingga riasan wajah menjadi lebih sempurna.
Ada beberapa jenis alas bedak yaitu:
1) Water based foundation (liquid).
Alas bedak jenis ini cocok untuk wanita muda dan dewasa yang berkulit normal. Bahan dasar foundation ini adalah air, sehingga penggunaannya akan lebih mudah menyerap ke dalam kulit dan lebih ringan dari minyak. Cara menggunakannya,pake spons untuk mengaplikasikan liquid foundation, kemudian kenakan dengan cara ditekan untuk menutupi pori-pori dan rongga kulit wajah. Hasilnya nanti riasan akan tampak lebih natural.
2) Oil based foundation.
Alas bedak jenis ini cocok untuk wanita dewasa dan mereka yang berkulit kering, karena foundation ini mengandung minyak dan pelembab. Alas bedak ini dapat menutup kerutan sehingga riasan lebih bagus dan rata. Apabila menggunakan Oil based foundation, sebaiknya tidak menggunakan bedak lagi, karena jenis foundation ini cenderung lebih berat. Sehingga Jika ingin menggunakan bedak, sebaiknya aplikasikan secara tipis. Oil based foundation dikemas dalam bentuk compact atau stick.
3) Oil free moisturizer Foundation
Kosmetika ini cocok untuk kulit berminyak dan jenis alas bedak ini mampu menyerap kelebihan minyak pada kulit, sehingga wajah tidak tampak mengkilap.
4) Concealer
Jenis foundation ini digunakan untuk menutupi bagian-bagian kulit yang memerlukan penutupan khusus seperti noda, bercak-bercak, bekas jerawat atau luka sehingga kulit wajah akan tampak bersih dan rata. Selain itu juga dapat menutupi lingkaran hitam di seputar mata.
5) Foundation krim pemutih.
Jenis alas bedak ini biasanya digunakan di bawah mata untuk memberikan efek cerah di daerah tersebut dan mampu menyamarkan kantung mata.

B. BEDAK ( POWDER )
Syarat bedak yang baik adalah bedak yang mampu menutupi cacat-cacat kulit secara sempurna, melekat dengan baik pada kulit, melicinkan kulit, memiliki daya serap yang tinggi dan mampu memantulkan sinar ultraviolet. Sesuai dengan syarat-syarat tersebut, biasanya bedak mengandung :
1) Zinhoxyda, zat yang memberi daya penutup.
2) Zink stearat, zat yang memiliki daya lekat.
3) Talcum vanetum, zat yang memberi daya pelicin.
4) Calcium Carbonat dan magnesium carbonat, zat yang mempunyai daya hisap.
5) Titanium dioxyda, zat yang memiliki daya penutup yang kuat.
6) Zat warna dan wangi-wangian.
Bedak mempunyai daya yang menyatu dengan alas bedak dan memberi kesan kulit menjadi lembut. Ada dua macam jenis bedak yaitu bedak yang berbentuk serbuk (face powder, loose powder) dan bedak padat (compact powder/cream puff).
Bedak serbuk (tabur) cocok untuk segala jenis kulit. Pemilihan warna bedak tabur biasanya disesuaikan dengan warna kulit. Gunakan warna pink untuk menyegarkan wajah. Compact powder adalah loose powder yang dipres menjadi bentuk cake yakni sejenis bedak padat yang pemakaiannya paling praktis dan bedak padat ini ada yang berjenis transculent, dan two in one.
Bedak transculent yang bersifat transparan cocok untuk semua jenis kulit terutama kulit kering dan normal, kulit sensitif sebaiknya menggunakan bedak wewangian, dan kulit berminyak sebaiknya menggunakan bedak yang dapat menyerap minyak yang berlebihan di kulit wajah. Bedak two in one (two way cake) terdiri atas alas bedak dan bedak padat yang digabungkan, ini sangat bagus karena dapat menghasilkan efek halus dan rata.
Bedak mempunyai fungsi antara lain untuk menghilangkan minyak mengkilat yang berasal dari alas bedak, melindungi kulit muka dari sinar matahari, membuat make–up tahan lama dan melengkapi tata rias agar menjadi sempurna. Pilihlah warna bedak yang sama atau sedikit lebih terang dari warna foundation.
Bedak sebaiknya digunakan setelah kulit wajah dilapisi alas bedak, cream rouge dan shadow (bayangan) yang dikenakan di hidung atau bagian wajah yang lain. Pemakaian bedak harus rataagar didapat hasil yang natural. Pakailah spons dengan cara ditepuk-tepukkan pada seluruh wajah, leher dan tengkuk, kemudian diratakan kembali dengan menggunakan kuas bedak yakni kuas besar yang bulu-bulunya sangat halus. 


C. PERONA PIPI (BLUS - ON ATAU ROUGE)
Perona pipi (rouge) digunakan dengan tujuan untuk mengoreksi wajah, sehingga wajah tampak lebih cantik, lebih segar dan berdimensi. Perona pipi tersedia dalam bentuk loose, compact powder, fat-based make-up, emulsi cair atau krim, cairan jernih dan gel. Losse atau perona pipi serbuk adalah bentuk perona pipi yang paling sederhana, berisi pigmen dan lakes yang digunakan setelah menggunakan bedak dengan cara dibaurkan pada tulang pipi yang menonjol dengan menggunakan kuas perona pipi.
Perona pipi compact powder lebih populer dan dapat melekat dengan baik di pipi serta tidak beterbangan ketika dipakai.
Penggunaan perona pipi compact powder sama dengan pemakaian perona pipi serbuk.
Perona pipi berbentuk cair dan cream digunakan setelah penggunaan alas bedak (foundation) yang masih belum kering di kulit pipi dan sebelum bedak dengan cara dioleskan pada tulang pipi yang menonjol menggunakan spongse.
Pemilihan warna perona pipi sebaiknya disesuaikan dengan warna lipstick dan nail polish (cat kuku), sehingga penampilan keseluruhan akan lebih harmonis. Perona pipi tersedia dalam berbagai pilihan warna, yaitu merah, jingga, pink dan juga kecoklatan.
Aplikasikan blus - on warna coklat muda dan orange jika ingin memberi kesan natural. Aplikasikan blush – on warna pink hingga ke puncak hidung jika ingin menampilkan kesan romantis, dan aplikasikan warna coklat tua pada bagian pipi untuk member kesan maskulin

D. EYE SHADOW
Penggunaan eye shadow dapat menampilkan nuansa keindahan pada mata, sehingga tampak lebih bersinar. Tujuan penggunaan eye shadow adalah untuk mengaksentuasikan mata dan membuat putih biji mata sehingga mata tampak cemerlang. Eye shadow digunakan di dekat mata dan di kelopak mata bagian atas. Eye shadow termasuk ‘ekstrem’ di antara jenis kosmetik dekoratif lain, kandungan bahan dasarnya harus aman dan cara pemakaiannya harus hati-hati karena digunakan di dekat mata yang kulitnya sangat peka.
Eye shadow dapat ditemui dalam berbagai bentuk, yaitu dalam bentuk cair, cream, powder atau cake. Warna eye shadow mencakup semua warna dan untuk malam hari dibuat warna keemasan atau warna perak yang penggunaannya disesuaikan dengan warna mata atau warna busana yang dipakai. Eye shadow dioleskan pada kelopak mata agar mata terlihat bersinar.
Cara penggunaan eye shadow samar-samar saja. Gunakan warna lembut untuk siang hari dan warna emas atau perak untuk malam hari. Di atas bayangan mata atau di bawah alis berilah warna yang lebih terang (high light) agar mata tampak lebih cemerlang dan lebih rapi.

Teman,,berhubung udah malem,,,empat dulu aja yah,udah ngantuk nih,,selengkapnya bisa teman dibaca di artikel selanjutnya. selamat malam.

0 komentar:

Posting Komentar