Kamis, 23 Desember 2010

Kosmetika Dekoratif (2)

Selamat pagi teman,,,kali ini saya mau melanjutkan artikel yang terpotong kemarin. sampe mana yah??? kemarin sampe nomor 4, jadi sekarang kita lanjut ke nomor 5.

E. EYE LINER (SIPAT MATA)
Penggunaan eye liner dapat mempertegas bentuk mata dan membuat mata tampak lebih besar. Jenis eye liner ada yang berbentuk cair, cream atau dalam bentuk pensil. Kosmetik ini digunakan pada sekeliling mata dan dibuat lebih besar agar mata menjadi kelihatan lebih hidup. Warnanya ada yang mengkilap dan ada pula yang doff. Mata yang diberi eye liner akan menjadi kelihatan lebih indah dan lebih ekspresif. Eye liner yang gelap membuat mata terlihat lebih dalam, dan eye liners yang terang akan mengangkat mata lebih cekung ke dalam.  
cara menggunakan Eye liner dengan digoreskan sepanjang garis mata dimana bulu-bulu mata tumbuh. Tariklah dari kelopak mata sebelah atas dengan kencang dan halus sampai ke ujung mata. Ujung dari eye liner harus runcing benar. Gunakan eye liner cair agar riasan mata lebih tahan lama dan bersih. Sebelum menggunakan eye liner, tentukan terlebih dahulu karakter tata rias yang akan dibuat. Untuk tata rias romantic hindari penggunaan eye liner di bawah mata. Untuk member kesan glamour, ekspresif dan dramatis, eye liner dapat dikenakan di bawah mata dan penuh. Jika memiliki bentuk mata yang bulat, hindari pemakaian eye liner penuh, tapi kenakan di tengah.

F. PENSIL ALIS (EYE BROW PENCIL)

Bentuk dan ketebalan alis mempengaruhi kesan total wajah. Bentuk dan ketebalan alis dapat diperoleh dengan pencabutan sebagian atau seluruh alis mata dan menggantinya dengan lukisan alis mata menggunakan pensil alis (eye brow pencil). Pensil alis berfungsi untuk membentuk alis agar tampak serasi dengan wajah.
Kosmetik jenis ini selain berbentuk pensil juga berbentuk cake/padat yang biasa digunakan dengan sikat alis. Warna pinsil alis ada 3 macam, yaitu cokelat, hitam dan abu-abu.
Fungsinya selain untuk membentuk alis, juga untuk memperbaiki garis mata yang asli, misalnya membuat bentuk mata lebih lebar, lebih lonjong dan sebagainya.
Untuk membentuk alis, gunakan warna yang lebih muda, karena warna alis tidak boleh lebih kuat dari warna mata. Pensil alis digunakan dengan cara dipegang tegak miring kemudian bentuk alis digambar mulai dari pangkal sampai ke ujung alis dengan bentuk yang biasanya mengecil ke ujung. Setelah alis dibentuk, bubuhkan eye shadow, kemudian sapukan dengan sikat alis warna coklat, agar membentuk garis yang natural.

G. CAT BULU MATA ( MASCARA )
Mascara berguna untuk menebalkan, melentikkan dan membuat bulu mata kelihatan lebih panjang. Jenis mascara terdiri atas :
1) Mascara cair
Mascara cair merupakan bentuk mascara yang banyak dipakai karena mudah disapukan dan mudah dihapus, tetapi kelemahannya mudah luntur. Pemakai lensa kontak sebaiknya menghindari maskara jenis ini karena maskara dapat mengotori lensa kontak. Maskara cair dikemas dalam kemasan botol kecil dengan penutup yang dilengkapi sikat untuk menyapukan maskara pada bulu mata.
2) Mascara water proof
Bentuk mascara water proof menyerupai mascara cair, tetapi terbuat dari bahan anti luntur, sehingga aman digunakan bagi mereka pemakai lensa kontak atau mereka yang senang melakukan aktivitas yang menguras keringat. Kelemahannya yaitu karena maskara ini tidah mudah luntur maka maskara ini sulit untuk dihapus dan dibersihkan. Untuk mengangkatnya diperlukan pembersih khusus mata yang mengandung minyak seperti minyak bulus atau minyak zaitun. Kemasan mascara water prof sama seperti kemasan maskara cair biasa.
3) Mascara dengan conditioner
Maskara yang mengandung conditioner sangat baik digunakan pada bulu mata yang mudah rontok dan terputus. Kandungan conditioner-nya dapat memberi nutrisi yang menguatkan bulu mata. Biasanya maskara jenis ini tidak berwarna (bening), karena hanya berisi bahan perawatan dan bukan untuk riasan dekoratif.
4) Mascara bulu
Jenis mascara ini cukup unik, karena berupa
mascara cair yang berisi bulu. Jika disapukan pada bulu mata, mascara ini dapat memberi kesan bulu mata tampak tebal dan panjang. Mascara ini cocok bagi mereka yang memiliki bulu mata tipis dan jarang.
5)
Mascara padat atau cake
Mascara jenis ini berbentuk cake hingga sepintas menyerupai perona mata.
Mascara ini jika akan digunakan harus dicampur dengan air dan dibubuhkan dengan kuas khusus. Maskara ini dapat memberikan kesan bulu mata tampak alamiah.
Cara penggunaan maskara : buka mata, mulai dari kelopak mata bagian atas, sikatlah ujung bulu mata bagian atas kemudian pangkalnya, diteruskan ujung bulu mata bagian bawahnya serta pangkalnya. Selanjutnya lakukan untuk bulu mata kelopak mata bagian bawah dengan cara yang sama. Dalam pemakaian maskara, perhatikan jangan sampai maskara mengenai kelopak mata, dan mata tidak perlu benar-benar dipejamkan. Posisi terbaik kelopak mata saat diberi maskara adalah seperti melihat obyek yang berada di bagian bawah, tanpa menundukkan kepala. Tunggu sampai maskara benar-benar kering ± 30 detik barulah mata dapat dibuka atau dikedipkan.

H. PEWARNA BIBIR ATAU LIPSTICK
Pewarna bibir berfungsi untuk memberi warna pada bibir, sehingga bibir tampak lebih segar. Koreksi bentuk bibir dapat dilakukan dengan menggunakan lipliner, liplife, lipstick/lipcolor, dan lipgloss.
Lipliner berfungsi untuk membentuk garis luar bibir,
liplife berfungsi untuk membuat lipstick tahan lama,
lipstick atau lipcolor berfungsi untuk memberi warna pada bibir,
sedangkan lipgloss berfungsi untuk memberi efek kilau yang glamour dan segar sehingga bibir kelihatan basah terus.
Lipstik yang baik hendaknya : dapat melapisi bibir dan melekat dengan baik tetapi tidak lengket, tahan di bibir selama mungkin, tidak menimbulkan iritasi atau alergi kulit bibir, dapat melembabkan kulit bibir, memberikan warna yang merata pada bibir serta dengan warna yang menarik.
Jenis lipstik ada yang dikemas dalam tabung berbentuk padat, ada juga yang berbentuk cream dan tersedia dalam berbagai warna.
Jenis lipstik terdiri atas :
1) Satin
Lipstik dengan tekstur sangat lembut, dan dikemas dalam bentuk stik atau liquid (cairan) Lipstik ini dapat menutupi bibir dengan sempurna serta memberi efek kilap tetapi tidak berminyak.
2) Semi-gloss
Lipstik yang tidak begitu mengkilap, berminyak dan dikemas dalam bentuk stik atau krim padat.
3) Matte
Sejenis lipstik yang tahan lama, tidak mengkilat, mengandung pelembab, dan dapat memberi kesan halus pada bibir. Lipstik ini dikemas dalam bentuk stik.
4) Laqcuer
Lipstik yang berbahan dasar gel, bening, dan dikemas dalam kemasan botol. Lipstik ini dapat memberi kesan halus dan lembut (sheer).
5) Treatment
Lipstik yang terdiri atas campuran antara pewarna bibir dan vitamin, dikemas dalam bentuk stik, bertekstur lembut, mengandung pelembab, dan memberi efek kilau. Lipstik sebaiknya dipakai dengan menggunakan kuas sehingga hasilnya lebih rata. Untuk membuat bibir seperti yang dikehendaki, gunakan lipliners yaitu semacam lipstik yang berbentuk pinsil. Warna dan macam lipstik sangat beragam. Bibir tebal sebaiknya tidak memakai warna lipstik terlalu merah karena bibir akan tampak lebih menonjol.

I. PENSIL BIBIR ATAU LIP LINERS
Penggunaan pensil bibir pada riasan wajah adalah untuk memperjelas bentuk bibir baik untuk riasan koreksi, maupun untuk memberi bentuk yang tegas pada bibir. Bentuk pensil bibir hamper sama dengan pensil alis, namun memiliki variasi warnanya yang lebih beragam.

J. PELEMBAB BIBIR ATAU LIPBALM
Sebelum memakai lipstik, sebaiknya bibir diolesi dengan lipbalm yang berfungsi untuk melembabkan dan membantu mencegah bibir pecah-pecah serta terkelupas. Lipbalm diperlukan agar lipstick tampak lebih menyatu.

K. LIPGLOSS
Efek glossy atau kesan mengkilat pada bibir, dapat diperoleh dengan menggunakan lipgloss atau lip sheener sehingga bibir terlihat halus, lembut dan mengkilat. Lipgloss dipakai setelah menggunakan lipstik.

Sudah semua deh... sekarang teman-teman bisa mulai menggunakan kosmetik yang kalian punya sesuai dengan cara yang benar deh..

0 komentar:

Posting Komentar